July 23, 2021 By new-slang.com 0

4 Metode Belajar untuk Anak yang Pada Masa Pandemi

Otak orang dewasa perlu nutrisi agar bisa berpikir dan terhindar dari risiko Alzheimer pada masa tua, apalagi otak anak-anak yang perlu dikembangkan dengan proses yang optimal. Selain nutrisi makanan, pastikan orangtua mendampingi anak belajar setiap hari. Belajar merupakan cara terbaik dalam mendukung perkembangan otak si kecil sejak usia emas. Jangan lupa untuk mengajari anak doa sebelum belajar agar apa yang dipelajari bisa bermanfaat dunia dan akhirat.

Bersama anak pada masa pandemi

Kebijakan belajar dari rumah saja harus dipahami sebagai bagian aktif dalam mencegah penyebaran virus corona. Oleh sebab itu, orangtua harus aktif dalam mendidik si kecil di rumah selama aktivitas pembatasan ini. Artikel Parenting Islami menerapkan tiga metode belajar yang bisa diterapkan orangtua selama mengajar anak di rumah yaitu :

  • Memberikan instruksi 

Ajak anak untuk belajar di ruang yang lebih privat tanpa gangguan suara televisi atau keramaian lain. Gunakan bahasa anak yang identik lembut, baik dan tidak ada bentakan yang bisa mempengaruhi perkembangan emosional si kecil dalam menjelaskan kewajibannya. Anda bisa mulai memberikan penjelasan tentang materi yang akan dipelajari, berikan instruksi untuk mengerjakan tugas dan sebagainya. 

  • Memberi contoh

Setiap anak memiliki pola belajar yang berbeda-beda, tidak semua anak memiliki gaya belajar yang sama, bukan? Metode belajar permodelan cocok untuk anak Anda tidak paham instruksi lewat komunikasi saja. 

Memberi contoh merupakan salah satu bagian komunikasi Anda dengan anak di rumah saja. Biarkan ia belajar dari permodelan dan ajarkan kata terima kasih setelah Anda membantu si kecil tersebut. Tidak hanya bisa belajar materi akademik saja, anak akan belajar sosial yang baik. 

  • Gunakan gawai dengan bijak 

Selama masa pandemi, anak memang harus belajar di rumah dengan gawai dan jaringan internet. Sebagai orangtua, Anda harus mendampingi si kecil belajar dengan mencatat materi dari guru secara rapi. Pastikan pula tidak ada pesan atau notifikasi yang masuk ke gawai sehingga mengurangi konsentrasi belajar. Berikan durasi belajar yang bervariasi setiap hari demi mencegah anak alami kebosanan belajar daring. 

  • Tetap disiplin 

Ajari anak untuk selalu disiplin meski pandemi belum juga usai. Caranya ajak dia untuk selalu mandi dan sarapan lebih dulu, baru belajar bersama. Kedisiplinan akan membantu anak tetap memahami rutinitas harian yang baik agar ia tidak terlena dengan gawai, hiburan televisi atau bermain selama kegiatan belajar di rumah saja.

Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan memberi nutrisi lengkap agar anak bisa belajar dengan baik. Doa sebelum belajar akan membantu anak menyerap pembelajaran di rumah saja lebih maksimal, meskipun ia tidak pergi ke sekolah selama masa pandemi yang berlangsung nyaris dua tahun ini. Yuk, jaga pola hidup dan belajar si kecil agar ia bisa tumbuh optimal menghadapi tantangan kehidupan yang baru!